skip to Main Content
0-822-3709-9099 info@baleweb.com
10 Mitos Tentang Bisnis Online Yang Anda Wajib Tahu

10 Mitos Tentang Bisnis Online Yang Anda Wajib Tahu

Halo rekan-rekan pengusaha. Bagaimana perkembangan bisnis Anda? Semoga sukses selalu!

Untuk membantu mengembangkan bisnis Anda, berikut ini kami rangkumkan beberapa hal yang berkaitan dengan bisnis online yang bisa Anda gunakan sebagai acuan untuk meraih lebih banyak kesuksesan.

Anda bisa memulai usaha tanpa modal

Banyak orang berkata bahwa Anda bisa memiliki usaha online dengan tanpa modal apapun. Benarkah? Memang ada benarnya jika bisnis online bisa dibangun dengan modal yang lebih murah dibandingkan dengan membangun bisnis offline dalam hal infrastruktur. Contohnya, Anda bisa dengan lebih murah jika membuat sebuah website daripada menyewa ruko untuk menjual barang-barang Anda.

Meskipun begitu, membuat bisnis online bukan 100% tanpa modal karena tetap saja Anda harus membuat website, menemukan orang yang tepat untuk menyiapkan kontennya, dan menyiapkan komoditas yang Anda tawarkan. Hal yang paling murah yang Anda bisa lakukan adalah membuat website Anda sendiri dengan hosting dan domain yang terjangkau atau mungkin gratis, menuliskan sendiri konten Anda, dan menjualkan produk/layanan orang lain. Namun apakah website Anda yang sangat sederhana tersebut akan cukup efektif?

Bangun saja usaha, konsumen akan datang dengan sendirinya

Tentu saja ini mitos yang sama sekali tidak benar. Anda masih harus menjaga kualitas produk/layanan Anda, menjaga kelancaran distribusi, dan menganalisis strategi marketing mana yang paling tepat untuk mendapatkan konsumen.

Konsumen hanya peduli pada harga

Apakah Anda masih berpikir demikian? Apakah Anda beranggapan bahwa konsumen dengan mudah akan tertarik pada harga yang murah? Kalau begitu, Anda salah. Konsumen tidak hanya mempertimbangkan faktor harga saja. Konsumen juga mempertimbangkan masalah kualitas produk/layanan serta kredibilitas penyedia produk atau layanan tersebut.

Maka dari itu, Anda harus membangun kepercayaan konsumen pada produk/layanan Anda. Apalagi dengan adanya internet, konsumen akan mencari informasi dan membandingkan produk/layanan Anda dengan yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Benar, bisnis online sangatlah kompetitif.

Gunakan uang untuk mendapatkan uang

Memang benar jika Anda ingin mendapatkan uang, maka Anda membutuhkan modal untuk mendapatkannya. Tetapi ini bukan berarti Anda harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan uang. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak terukur hasilnya hanya karena Anda percaya bahwa Anda harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan uang. Berinvestasilah dengan baik dalam usaha Anda. Lakukan pengeluaran yang terencana dan terukur targetnya.

Media sosial membuat semua urusan penjualan menjadi lebih mudah

Memang benar bahwa media sosial membuat penjualan menjadi lebih mudah, terutama karena jangkauannya yang lebih luas. Namun media sosial juga bisa menjadi boomerang karena satu pendapat buruk seseorang mengenai produk/layanan Anda bisa dibaca dan mempengaruhi opini banyak pihak. Selain itu, penggunaan media sosial sebagai media promosi penjualan juga memerlukan strategi-strategi yang tidak sederhana untuk mencapai tujuannya. Intinya, media sosial dapat Anda gunakan sebagai pendongkrak penjualan, namun kualitas produk atau layanan Anda harus diutamakan.

Harus aktif pada semua jenis media sosial

Apakah Anda perlu aktif di semua jenis media sosial? Melakukan promosi di media sosial membutuhkan waktu dan tenaga tersendiri. Jadi kalau Anda aktif di semua jenis media sosial bisa jadi waktu dan tenaga Anda tersita hanya untuk promosi saja. Solusinya, pilih media sosial yang sesuai dengan produk/layanan serta target pasar Anda. Selain itu, pilih media sosial yang terluas jangkauannya. Sampai saat ini, Facebook dan Twitter masih menjadi media sosial pilihan untuk promosi penjualan di Indonesia.

Semua orang akan menyukai website Anda dan akan beli produk Anda

Pertama, tidak semua orang yang datang ke website Anda akan langsung menyukai website Anda dan membeli produk Anda. Semua tergantung pada seberapa baik website Anda merepresentasikan bisnis yang Anda jalankan. Untuk membuat website Anda efektif untuk penjualan, Anda bisa membaca kembali artikel kami tentang kesalahan-kesalahan kecil pada website Anda yang bisa Anda perbaiki untuk menarik lebih banyak pengunjung dan menciptakan peluang untuk mendapatkan konsumen baru, serta meningkatkan penjualan.

Orang akan langsung membeli produk yang mereka cari di website Anda

Apakah Anda percaya? Tidak semua orang akan langsung datang ke website Anda untuk mencari produk/layanan yang Anda inginkan. Pelanggan Anda mungkin akan melakukannya. Namun bagaimana dengan orang yang belum kenal dengan website Anda? Mereka akan browsing melalui mesin pencari untuk mengetahui website mana yang menawarkan produk/layanan yang mereka cari. Di sinilah Google Adwords akan membantu Anda. Gunakan Google Adwords untuk mengarahkan mereka ke website Anda!

Jangan berikan janji pada kosumen!

Benarkah Anda tidak boleh memberikan janji pada konsumen? Kenyataannya, konsumen mudah tergiur pada janji-janji. Tidak memberikan janji apapun pada konsumen bisa jadi justru mengurangi daya tarik usaha Anda. Tetapi di sisi lain, janji kepada konsumen bisa menjadi bom waktu jika tidak bisa Anda tepati. Jadi bagaimana solusinya? Berikan janji yang menarik pada konsumen Anda, namun janji yang Anda sudah pastikan dapat Anda penuhi.

Konsumen selalu benar

Kalau konsumen selalu benar, maka ada banyak perusahaan yang bangkrut karenanya. Yang seharusnya Anda lakukan adalah memberikan janji kepada konsumen sesuai dengan apa yang Anda bisa berikan dan menjaga kontak positif dengan konsumen Anda.

Ada kalanya konsumen merasa tidak puas dengan produk/layanan Anda. Jika memang itu karena kesalahan pihak Anda, minta maaf lah pada konsumen dan lakukan pembenahan segera. Namun jika keluhan konsumen tersebut bukan merupakan kesalahan Anda, misalnya konsumen mengeluhkan kerusakan produk Anda yang disebabkan oleh kesalahan penggunaan oleh konsumen, berikan penjelasan dengan jelas dan lakukan edukasi kepada konsumen-konsumen Anda agar hal tersebut tidak terulang kembali.

Nah! Apakah Anda sudah menyadari bahwa mitos-mitos mengenai bisnis online di atas tidak sesuai dengan kenyataannya? Sekarang Anda sudah tahu hal-hal yang sebenarnya terjadi di bisnis online. Sekarang saatnya Anda menggunakan pengetahuan-pengetahuan tersebut untuk meraih kesuksesan bisnis Anda!